SEMINAR AKHIR KAJIAN PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PENGUATAN KELEMBAGAAN KOPERASI SERTA OPTIMALISASI PEREMPUAN (STUDI KASUS PADA KECAMATAN TELUK KERAMAT DAN KECAMATAN PALOH)

Biasa

SARAN DAN REKOMENDASI

Adapun beberapa rekomendasi pada Pemerintah Daerah, maupun instansi terkait meliputi sebagai berikut yaitu : 1. Harus adanya penetapan, dukungan dan komitmen bersama dari seluruh pihak dalam mendorong percepatan pengembangan koperasi di Kabapaten Sambas.

2. Penetapan koperasi percontohan di Kabupaten Sambas, yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah bekerja sama dengan dinas terkait.

3. Mendorong terciptanya iklim usaha yang mendorong pengembangan koperasi dengan membuat kebijakan yang lebih mendukung pada optimalisasi peran koperasi dalam memajukan usaha masyarakat.

4. Membuat aturan baik dalam bentuk Perda maupun Perbub dalam mendorong adanya kolaborasi dan sinergisitas program antara koperasi yang telah ada di Desa dengan koperasi yang sudah mapan yang didirikan oleh koordinasi.

5. Optimalisasi penyelenggaraan pembinaan koperasi di Kabupaten Sambas meliputi aspek pelayanan administrasi badan hukum koperasi, organisasi koperasi, usaha koperasi, permodalan koperasi, kebijakan dan strategi pembinaan serta koordinasi.

6. Berkomitmen memberikan anggaran yang berpihak Reorientasi (pembinaan), Rehabilitasi (penyehatan) maupun penguatan koperasi di Kabupaten Sambas.

7. Membuat grend desain pengembangan koperasi di Kabupaten Sambas. Agar pola pembinaan (reorientasi), penyehatan (rehabilitasi) dan penguatan koperasi berjalan dengan efektif.

8. Melakukan assement (penilaian) secara berkala pada koperasi guna memberikan penguatan, teguran dan pembinaan pada koperasi. Diharapkan penilaian koperasi kedepan bisa memberikan sertifikasi dan akreditasi pada koperasi.

9. Memfasilitasi terbentuknya Organisasi Profesional atau Serikat koperasi yang menghimpun koperasi di Kabupaten Sambas (Dekopinda dan lainnya).

10. Melibatkan koperasi di Kabupaten Sambas dalam even-even promosi, pameran, studi banding dalam peningkatan wawasan pengurus koperasi.

Berita Terkait

Tidak ada Komentar

Tulis Komentar

Identitas Anda sangat diperlukan, Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan.

Statistik : Jum'at, 22 November 2019

Sedang Akses : 2 Pengunjung
Hari Ini : 27
Bulan ini : 1929
Tahun ini : 20862
Hit hari ini : 75
Total Hit : 2943434

Back to Top