Rapat Koordinasi Rencana Kegiatan (Aksi 2) Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2020 di Kabupaten Sambas

Rapat

Sambas, 19 Juni 2020 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Rencana Kegiatan (Aksi 2) Konvergensi Penurunan Stunting  Tahun 2020 di Kabupaten Sambas. Rapat ini dilaksanakan di aula BUpati dengan dihadiri OPD di Lingkungan Kabupaten Sambas yang mempunyai tugas mengintervensi Lokus dalam penurunan stunting di Kabupaten Sambas.

Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Faktor lingkungan yang dapat berperan dalam menyebabkan perawakan pendek antara lain status gizi ibu, tidak cukup protein dalam proporsi total asupan kalori, pola pemberian makan kepada anak, kebersihan lingkungan, dan angka kejadian infeksi di awal kehidupan seorang anak. Selain faktor lingkungan, juga dapat disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. Akan tetapi, sebagian besar perawakan pendek disebabkan oleh malnutrisi.

Jika gizi tidak dicukupi dengan baik, dampak yang ditimbulkan memiliki efek jangka pendek dan efek jangka panjang. Gejala stunting jangka pendek meliputi hambatan perkembangan, penurunan fungsi kekebalan, perkembangan otak yang tidak maksimal yang dapat mempengaruhi kemampuan mental dan belajar tidak maksimal, serta prestasi belajar yang buruk. Sedangkan gejala jangka panjang meliputi obesitas, penurunan toleransi glukosa, penyakit jantung koroner, hipertensi, dan osteoporosis.

Oleh karena itu didalam rapat di arahkan kepada OPD terkait agar menganggarkan kegiatan yang bertujuan mengintervensi wilayah-wilayah di Kabupaten Sambas yang menjadi lokus Penurunan Stunting, baik itu melakukan Sosialisasi-sosialisasi, pelatihan maupun insfrastruktur yang menunjang program penurunan stunting.

Dalam Rapat ini juga dibahas akan diadakannya Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada waktu dekat untuk menyampaikan hasil progress dalam program penurunan stunting dan menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berikutnya dalam rangka penurunan stunting di Kabupaten Sambas.

Diharapkan dengan adanya program penurunan stunting di Kabupaten Sambas, Kabupaten Sambas dapat menghilangkan angka stunting, minimal menguranginya semaksimal mungkin.

Tidak ada Komentar

Tulis Komentar

Identitas Anda sangat diperlukan, Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan.

Statistik : Selasa, 4 Agustus 2020

Sedang Akses : 1 Pengunjung
Hari Ini : 67
Bulan ini : 297
Tahun ini : 20090
Hit hari ini : 153
Total Hit : 3068716

Back to Top