Kegiatan Diseminasi BIdang Penelitian dan Pengembangan Tema Peran database Menuju Desa Mandiri

Biasa

pada hari Rabu Tanggal 11 Desember 2019, bertempat di Aula bapppeda Kabupaten Sambas, diadakan Kegiatan Lanjutan Diseminasi Bidang Penelitian dan Pengembangan Tahun 2019, adapun agenda yang di bahas dalam kegiatan diseminasi sebagai berikut:

Peran Strategis Penelitian dalam Mendukung Pembangunan Daerah

Dr. Ir. Muhammad Hatta, M.Si.

Arah pembangunan Iptek di daerah diharapkan difokuskan pada pentingnya penelitian dan Pengembangan untuk menghasilkan invensi dan inovasi. Pemanfaatan hasil penelitian teknologi inovasi ini memang tidak mudah, banyak temuan - temuan yang menurut ukur kita bisa memberikan kontribusi dan daya saing ternyata belum bisa karena terdapat banyak hambatan. maka dari tu integrasi potensi dan program-program daerah di bidang penelitian dan pengembangan menjadi sangat strategis. Pembangunan daerah yang berkelanjutan dapat terselnggaranya melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi ( ilmu Pengetahuan, teknologi, seni dan Budaya) bebasis hasil riset ( Penelitian, pengembangan, pengkajian serta penerapan. Dalam rangka mewujudakan hal tersebut, kedudukan dan peran peneliti menjadi sangat strategis.

Lembaga Litbang dan Peranannya di Daerah

bapak edy Agustinus, S.Sos., M.Sos.

Dinamika Pelaksanaan otonomi daerah khususnya dalam konteks penetapan kebijakan strategis, peran lembaga Litbang sangat diperlukan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh globalisasi dunia dan teknan arus reformasi yang mendorong berkembangnya iklim demokratisasi secara nasional, telah menjadi isu utama ditengah masyaakat indonesia. Penyelenggarraan otonomi daerah yang sudah berjalan hampir setengah dekade ini, secara faktual dapat dikatakan menghadapi berbagai permasalahan yang perlu mendapat perhatian dan penyelesaian secaa konrit dan konsisten. Penetapan kebijakan harus didukung oleh berbagai pertimbangan yang kuat dan mendasar salah satunya dengan menjadikan hasil-hasil kelitbangan sebagai dasar pertimbangan, karena dalam kenyataan penetapan kebijakan selama ini cenderung menimbulkan permasalahan.

Berita Terkait

Tidak ada Komentar

Tulis Komentar

Identitas Anda sangat diperlukan, Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan.

Statistik : Sabtu, 5 Desember 2020

Sedang Akses : 1 Pengunjung
Hari Ini : 74
Bulan ini : 455
Tahun ini : 30720
Hit hari ini : 251
Total Hit : 3101740

Back to Top