SEMINAR AKHIR PENYUSUNAN DATA BASE PERDESAAN DI KABUPATEN SAMBAS

Biasa

Pelaksanaan Seminar Akhir Penyusunan Data Base Perdesaan di Kabupaten Sambas dilaksanaakan pada tanggal 3 september 2019 di aula Bappeda Kab. Sambas

LATAR BELAKANG

  • Untuk dapat melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa secara efektif dan efisien diperlukan program pembangunan desa yang tepat sasaran. Hal ini perlu ada perencanaan yang didasarkan pada data dan informasi yang balid dan mudah dipahami.
  • Instrumen untuk memahami situasi desa secara tepat dan cepat, maka disusun peta Indeks Desa Membangun.
  • Peta indeks Desa Membangun (IDM), akan memberikan informasi secara spesial dan tabular tentang status kemajuan dan kemandirian Desa.
  • Peta IDM ini harapkan dapat memfasilitasi pemahaman tentang situasi dan kondisi Desa saat ini, serta bagaimana langkah kebijakan yang harus dikembangkan untuk mendukung peningkatan kehidupan Desa menjadi lebih maju dan mandiri.

TUJUAN

Secara umum, Peta Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Sambas ini disusun untuk memberikan panduan kepada pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat, dalam memanfaat data dan informasi IDM sebagai salah satu basis dalam proses perencanaan, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi pembangunan Desa.

KEGUNAAN

  1. Sebagai basis data (bise line) pembangunan desa yang menjadi dasar dalam menilai kemajuan dan kemandirian desa
  2. Menjadi salah satu infut (fokus) dalam perumusan isu-isu strategis dan permasalahan utama yang terkait dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa
  3. Sebagai masukan dalam perumusan tergeting (sasaran lokasi) terkait dengan pembangunan Nasional
  4. Sebagai instrumen koordinasi antar Kementerian / Lembaga Pemerintahan daerahdan desa, guna efektifitas capaian sasran pembangunan nasional.

 

Berita Terkait

Tidak ada Komentar

Tulis Komentar

Identitas Anda sangat diperlukan, Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan.

Statistik : Jum'at, 13 Desember 2019

Sedang Akses : 2 Pengunjung
Hari Ini : 64
Bulan ini : 1215
Tahun ini : 22620
Hit hari ini : 166
Total Hit : 2947986

Back to Top