Sosialisasi Program Ivovasi Desa (PID) dan Rakor Tim Inovasi Kabupaten 2019

FGD

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sambas, dalam sambutannya bupati berharap dengan adanya Program Inovasi Desa Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat dapat terserap secara Efektif dan berdampak besar pada pembangunan berbagai sektor di Desa.

Program Inovasi Desa ialah pendampingan yang dilakukan untuk mendorong pemanfaatan dana desa lebih berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Lewat program yang diinisiasi Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyrakat Desa (PPMD) itu telah menghasilkan sejumlah inovasi dari desa-desa di Indonesia. Program Inovasi Desa dioptimalkan melalui dana desa yang telah disalurkan ke 74.957 desa di Indonesia sejak 2015.

PID bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan dana di desa melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis terencana dan partisipatif. Kemudian meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan desa secara lebih inovatif dan berkualitas.

Dalam menjalankan Pengelolaan PID, diantaranya harus melaksanakan sejumlah prinsip.  Yakni partisipatif, dalam hal ini masyarakat harus terlibat, termasuk kelompok miskin atau terpinggirkan dan kelompok disabilitas. Prinsip berikutnya, transparansi dan akuntabilitas. Disebutkannya, masyarakat memiliki akses terhadap segala informasi dan proses pengambilan keputusan sehingga pengelolaan kegiatan dapat dilaksanakan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan baik secara moral, teknis, legal, maupun administratif.

Berita Terkait

Tidak ada Komentar

Tulis Komentar

Identitas Anda sangat diperlukan, Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan.

Statistik : Sabtu, 19 Juni 2021

Sedang Akses : 1 Pengunjung
Hari Ini : 6
Bulan ini : 1498
Tahun ini : 16336
Hit hari ini : 21
Total Hit : 3161378

Back to Top